SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DUSUN KUNING GADING KECAMATAN PELEPAT ILIR KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI TERWUJUDNYA DUSUN KUNING GADING YANG MAJU, BERSIH DAN BERMARTABAT -- selengkapnya...MISI

Artikel

Demi Mencapai Desa Yang Berkemajuan, Pemerintah Dusun Kuning Gading Mutakhirkan Data IDM Tahun 2023

06 Juni 2023 15:13:59  Administrator  180 Kali Dibaca  Berita Lokal

kuninggading.desa.id - Selasa, 6 Juni 2023, Pemerintah Dusun Kuning Gading menyelenggarakan penginputan data Indeks Desa Membangun (IDM). Dalam hal ini mendatangkan pemateri dari pendamping lokal kecamatan Bapak Acep Sopandi, S.P., M.P dan dihadiri oleh pendamping lokal desa Bapak Suhardi, S.P., bertempat di Balai Desa Kuning Gading.

Dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 02 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang salah satunya mengatur tentang pendataan Desa, maka diperlukan pemutakhiran data IDM tahun 2022.

Perlu diketahui bahwa data IDM merupakan salah satu dasar bagi Kementerian Keuangan untuk menetapkan pengalokasian Dana Desa. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan tentang Pengelolaan Dana Desa, Alokasi Afirmasi untuk Desa Tertinggal dan Desa sangat Tertinggal dengan jumlah penduduk miskin (JPM) tertinggi sebesar 1%  dan Alokasi Kinerja untuk Desa Berkembang, Maju dan Mandiri serta indikator lainnya sebesar 4%  dari total Dana Desa. Data IDM juga digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan Desa dan Perdesaan bagi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa dan Pemangku Kepentingan lainnya.

Indeks ini dikembangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Indonesia.

IDM terdiri dari beberapa indikator, antara lain:

1. Kesehatan: mencakup akses dan kualitas pelayanan kesehatan, sanitasi dan kebersihan lingkungan.

2. Pendidikan: mencakup akses dan kualitas pendidikan dasar dan menengah, serta partisipasi dalam pendidikan.

3. Ekonomi: mencakup pertumbuhan ekonomi, akses ke pasar dan teknologi, serta ketersediaan lapangan kerja.

4. Infrastruktur: mencakup akses ke air bersih, listrik, transportasi, dan komunikasi.

5. Lingkungan: mencakup konservasi lingkungan, pengelolaan limbah, dan ketersediaan lahan produktif.

IDM merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan dan kemajuan suatu desa. Salah satu faktor penting dalam pencapaian ini adalah penginputan data IDM yang akurat dan terkini. Melalui kerja sama antara warga desa, lembaga pemerintahan setempat, dan dinas terkait, data terkait infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan faktor-faktor penting lainnya telah dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam sistem IDM.

Bapak Edi Pujianto, Kepala Desa Kuning Gading, mengungkapkan kegembiraannya dalam pelaksanaan acara ini. Ia menyatakan, "Kami sangat senang dengan adanya acara ini, karena dengan data yang akurat dan terkini menjadi dasar bagi pengambilan keputusan yang tepat guna untuk kemajuan desa kami."

Pencapaian ini juga tidak lepas dari peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan desa. Warga Desa Kuning Gading secara bersama-sama telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Program-program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan kewirausahaan, pengembangan pertanian berkelanjutan, dan peningkatan aksesibilitas layanan kesehatan telah membantu mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Selain itu, dukungan dari pemerintah daerah dalam hal alokasi anggaran dan bantuan teknis juga berkontribusi besar terhadap kemajuan Desa Kuning Gading. Melalui sinergi antara pemerintah dan masyarakat, infrastruktur yang lebih baik, akses pendidikan yang lebih luas, dan pelayanan kesehatan yang baik dapat menjadikan Desa Kuning Gading yang lebih maju lagi.

Penulis: Ahmad Khaeroni

Editor: Hidayat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 816 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 609 Kali
Profil Desa
29 Juli 2013 | 601 Kali
Kontak Kami
13 September 2023 | 592 Kali
Upaya Pemerintah Dusun Kuning Gading Mencegah Pernikahan Usia Dini Adakan Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Dibawah Umur.
24 Agustus 2020 | 584 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 576 Kali
Data Desa
07 November 2014 | 564 Kali
Pemerintahan Desa

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. SIJAU RT. 016RW. 003
Desa : Kuning Gading
Kecamatan : Pelepat Ilir
Kabupaten : Bungo
Kodepos : 37252
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:20
    Kemarin:183
    Total Pengunjung:76.034
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.83.154
    Browser:Tidak ditemukan